Minggu, 14 Juli 2019

-



PENDIDIKAN/KERJA?

Selamat malam pembaca blog aku :’) yang sbm story part selanjutnya di skip dulu aja yekan karena aku punya cerita yang aku tangkep dari beberapa temen-temen aku tentang “bisa sejalan enggak sih antara pendidikan dan pekerjaan di usian muda ini?”
Aku mau bagiin cerita beberapa temenku tapi satu-satu dulu ya, yang pertama temenku cewek sebut aja “ine” (entah itu aku namanya ngasal dan gaada hubungan nama sama dia yang asli aku ceritain ini)

Si ine ini anaknya sebenernya pinter dia temen smp aku gitu kita pisah SMA, dengar-denger waktu kelas 2 sma dia udah mulai buka online shop pakaian, case hp, poraloid pokoknya dia dagang online. Modal awal dia berdagang cuma 70k tapi sekarang dia udah punya tabungan bersih dari laba sampek hampir 2 jt gasalah kalo dia cerita. Salut banget yekan sama anak muda yang udah berpenghasilan sendiri, apalagi basicnya dia itu di keluarga mampu tapi dia berusaha banget buat belajar mandiri soal uang.

tapi tunggu dulu, saking gregetnya si Ine ini ngumpulin uang dia lupa sama kewajibannya dia sebagai pelajar, dia lebih fokus 70 persen di berdagang, awalnya dia udah ngrasa cukup mumpuni gitu dia fikir dia bisa kok ngejalanin dua-duanya bersamaan. Sampek kelas 3 pun dia tetep kekeh berdagang dan lupa belajar.

Singkat cerita Ine nilai UN dan semuanya jeblok, sbm juga gagal padahal dia udah berharap banget, karena dia basic di keluarga yang berada maka dia ambil jalur mandiri juga. Setelah pengumuman sbm malemnya ortunya dia datengkan ke rumah, cerita kalau beliau-beliau ngrasa agak kecewa ke Ine karena udah diusahain sekolah kok gak maksimal gitu..

Juga temenku cowok dia juga dari keluarga cukup tapi dia berusaha mandiri pas sma sampek sekarang dia kerja serabutan, ya jadi sopir ya buka jasa sablon, jualan dikit-dikit gitu nah sampek akhirnya sekolahnya riweh gitu dia tes sbm g belajar apapun dan dia dari awal ngandelin mandiri.

Nah dari situ aku baru ngeh.. jadi gini ya aku juga sulit nyeritainnya

Ine dapet 2jt penghasilan dia selama kurleb 2 tahun berdagang tapi ketika dia ga lolos sbm dia harus ambil mandiri sekitar 25 jt berarti itu -23jt
Temenku satunya : punya uang punya tabungan tapi tidak sebanyak uang yang harus dia tempuh buat mandiri.

Waktu 2 tahun yang dipakai Ine untuk berdagang sebenarnya sangat bermanfaat untuk dia pinter dan dia belajar semaksimalnya pelajar

Sumpah aku baru ngerti kata-kata ayahku
“yun, kamu jangan kerja, ayah masih mampu biayain kamu, kamu sekolah aja yang bener, ayah bakal seneng ayah bakal bangga kalo nanti kamu bisa jadi orang, ayah bangga kalo anaknya punya pendidikan yang bagus”
“umur kamu ini umur-umurnya pelajar jadi belajar aja yang bener nanti kalo kamu udah bisa masuk universitas dapet nilai bagus, insyaallah dapet kerja gampang uang bisa ngikut, ayah gabutuh tebusan apapun kecuali kamu bisa jadi orang dan bahagia”
“orang kalo udah ngerti kerja ngrasain dapet duit dari dia kerja itu agak bahaya yun, bisa-bisa dia berfikir kuliah buat apa orang gak kuliah aja udah bisa nge hasilin, bukan gitu yun, jangka panjangnya kedepan iniloh yang dipikirin ayah. Pendidikan itu salah satu harta yang gabisa putus”

Ayahku hebat banget orangnya, beliau menuhin semua kebutuhan aku, apapun yang aku minta beliau juga kasih tapi juga bukan berarti aku minta-minta sembarangan g tau malu gitu ya enggak.. di akhir setelah urusan tes sbm kelar aku mulai open commis dan juga cukup buat jajan sama beli apa gitu sendiri.
Kalo kalian pikir aku dari keluarga yang mampu banget, enggak juga kok, tapi ayah aku selalu percaya kalo buat pendidikan pasti tuhan ngasih rejeki ngasih jalan dan beliau bener-bener usahain buat itu.

Intinya, yang mana dulu yang penting yaitu dahuluin. Kalo di usia kamu pendidikan ya pendidikannya itu harus lebih banyak presentasenya dari yang lain, ntar kalo kamu udah dapet 1 hal yang kamu mau kamu sama jalanin hal yang lain juga bisa.
“waktu dan kesempatan itu bener-bener berharga” dan aku baru ngeh sama itu

Kalo dari aku rencana kedepan sih aku mau 70 persen di kuliah 30 persennya buat kerja pengen freelance aja open commis sendiri buat nabung juga secara harga-harga apa juga pada mahal dan juga malu juga kalo terus-terusan minta ke ortu tapi tetep inget bahwa kalo udah nyebur ke pendidikan ya banyakin disitu yang laen jangan sampek nganggu.

Maaf ya kalo tulisan aku mungkin tidak berkenan sama kalian tapi aku cuma ngasih opini sama cerita dari aku barang kali bisa jadi pertimbangan buat kalian udah gitu aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

-

PENDIDIKAN/KERJA? Selamat malam pembaca blog aku :’) yang sbm story part selanjutnya di skip dulu aja yekan karena aku punya cerita ...